Kreatif Dalam Bekerja

Klinik Citra Ardhita Medifarma/ July 19, 2016/ Kesehatan

Penting gak sih? Perlu?  Atau Harus?

Kreativitas memang tidak datang begitu saja, melainkan harus melalui proses. Kreativitas adalah sesuatu hal yang harus digali setiap waktu, tak peduli berapa usia kamu dengan menggunakan teknik yang berbeda.inovasi bekerja

Berpikir kreatif menjadikan seseorang dapat memecahkan masalah dengan lebih baik, dapat mengerjakan pekerjaan dengan cara yang lebih efektif dan pribadi tersebut akan menjadi sosok yang menarik dan easy going. Kamu tidak akan pernah tahu dimana menemukan dan bisa menjalankan sebuah ide besar untuk sebuah pekerjaan yang besar. Dengan adanya kreatifitas dalam bekerja, kamu tentu akan menemukan cara baru yang dapat diterapkan dalam setiap proses kegiatan kerja. Kreatifitas membuat kamu menjadi lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang maksimal. Positif banget kan buat diri kita.

Berikut ini adalah tips menjadi lebih kreatif dalam bekerja yang bisa kamu ikuti :

  1. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah sepenuh hati mencintai pekerjaan tersebut. Karena segala sesuatu yang didasari dengan kecintaan tentu akan membuahkan hasil yang lebih baik.
  2. Penelitian menunjukkan bahwa rutinitas yang tetap adalah pembunuh kreativitas yang paling dahsyat. Oleh karenanya agar kamu menjadi orang yang lebih kreatif dalam bekerja, kamu tidak seharusnya terpaku pada rutinitas yang sama setiap hari. Ubahlah beberapa rutinitas yang menurut kamu bisa dirubah.
  3. Amati dan perhatikan orang lain dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan mereka. Jadikan setiap orang sebagai guru atau inspirasi untuk kehidupan kamu. Baik atau buruknya, jadikan ia sebagai pelajaran bagi kamu.
  4. Tips menjadi kreatif dalam bekerja yang paling ampuh adalah dengan banyak mendengarkan orang lain. Mintalah masukan berupa saran atau kritikan dari orang lain atas ide yang sudah kamu buat. Tanyakan bagaimana pendapat mereka.
  5. Bekerja dengan jadwal mungkin terdengar kaku. Akan tetapi keberadaan jadwal, membuat kamu bisa berpikir lebih fokus mengenai tujuan yang ingin dicapai. Untuk dapat menjadi orang kreatif pun menuntut dirinya untuk bisa melakukan rutinitasnya secara teratur.

Hasilnya jika kamu salah satu orang yang bersifat kreatif pastinya kamu akan seperti dibawah ini :download (3)

  • Berfikir sekaligus bertindak. Pepatah yang mengatakan diam itu emas adalah pepatah jadoel (Jaman doeloe) yang sudah tidak relevan lagi, yang dibutuhkan oleh pimpinan, organisasi atau tempat kerja lainnya adalah komunikasi yang diimbangi dengan kemampuan berinteraksi dan bersosialisasi lalu dapat mengaktualisasikan pemikirannya serta beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Inilah sebenarnya konsepsi human skill yang harus dimiliki oleh setiap karyawan.
  • Penuh Imajinasi. Maksudnya adalah penuh inovatif dalam melakukan berbagai pekerjaan, biasanya ia akan mampu mengestimasi dan memberikan argument yang logis atas hal yang dilakukannya, dan biasanya tidak akan terjebak dengan rutinitas ataupun problem under pressure oleh pimpinan. Ia akan senantiasa kreatif dan memiliki jiwa petualangan alias tidak terpacu pada problematic rutinitas pekerjaan.
  • Bersifat Ingin Tahu. Karyawan yang kreatif adalah karyawan yang senantiasa mencari informasi actual termasuk masalah yang dihadapi setiap saat.
  • Suka tugas Majemuk dan Pengalam baru. Yang dimaksud tugas majemuk adalah tugas yang diberikan diluar rutinitas keseharian bekerja, dan memiliki sifat yang “Enjoy aja” dan menikmati tanggung jawabnya.

Sifat diatas baru sedikit ciri yang melekat dari kepribadian kreatif seorang karyawan. Dan secara tidak langsung kita bisa menilai dan memahami karakteristik kepribadian kita ditengah Komunitas, Organisasi ataBaloon-boyupun lingkungan pekerjaan, dengan sendirinya kita akan merasa atau berfikir “saya sebenarnya sudah atau belum ya memberikan konstribusi kepada perusahaan”. Jika kita merasakan sudah memberikan “Sesuatu” apakah kehadiran dan keberadaan saya “dirasakan” atau “diakui”? jangan-jangan kita hanya menggugurkan kewajiban aja, kerjaaa..dapat gaji, selesai deh, atau jadi kelompok penggembira aja yang eksistensinya tidak diperhitungkan ditempat kita bekerja.. Cuma Allah yang tahu, dan mudah-mudahan dapat ibadahnya ya guys. Aamiin.

Semoga bermanfaat.