Mengenal Lebih Dekat Mengenai Darah Kental dan Penyebabnya

Klinik Citra Ardhita Medifarma/ June 22, 2018/ Kesehatan

  • Darah Kental

 

 

Pepatah mengatakan ‘darah lebih kental dari pada air’untuk menggambarkan eratnya ikatan keluarga. Namun pada kenyataannya, memiliki darah kental dalam tubuh justru dapat membahayakan kesehatan Anda. Apa risikonya jika punya darah kental? Dan bagaimana caranya mengetahui jika Anda punya darah yang kental? Cari tahu disini.

Seperti yang kita kenali kalau darah kental atau pengentalan darah adalah satu keadaan di mana darah pada badan lebih kental dari kondisi normal biasanya. Pada umumnya darah memanglah berupa cair serta mengalir ke semua badan, namun karna satu keadaan bisa buat darah itu jadi kental. Hingga saat terjadinya pengentalan darah itu bisa buat penebaran nutrisi, oksigen serta hormon ke semua badan jadi terganggu.

Tanda pengentalan darah umumnya berlangsung karena gaya hidup yang tidak baik, dari mulai konsumsi makanan yang tidak sehat, rutinitas tidak baik merokok, dan malasnya melakukan aktivitas. Mengenai sebagian beberapa gejala pengentalan darah seperti :

  • Hilang keseimbangan
  • Keram
  • Nyeri kepala
  • Leher terasa kaku
  • Migrain
  • Nyeri dada
  • Sesak nafas
  • Nyeri tengkuk, dan
  • Keringat dingin serta gemetar

 

Darah yang mengental atau pengentalan darah dapat menyebabkan tidak baik untuk kesehatan, karna sebagian dari bahaya darah kental tersebut bisa menyebabkan beragam jenis penyakit seperti ginjal, stroke, serangan jantung, bahkan juga bisa berbuntut pada kematian.

Lantas apa saja penyebabnya darah kental? Inilah sebagian salah satunya :

1.    Malas Beraktivitas

Sebagian besar beberapa orang jaman saat ini benar-benar sangat malas melakukan aktivitas, walau sebenarnya jika badan kurang bergerak atau melakukan aktivitas bisa menyebabkan aliran darah ke semua badan jadi tidak lancar hingga mengakibatkan pengentalan darah.

2.    Pola Makan yang Buruk

Seperti yang kita ketahui kalau pola makan memanglah bisa menyebabkan pengentalan darah karna konsumsi gizi yang masuk ke badan tidak sehat serta tidak teratur juga. Penelitian menunjukkan kalau 60% masalah pengentalan darah dikarenakan oleh aspek ini.

3.    Kebiasaan Merokok

Merokok seperti rutinitas yg tidak dapat terlepas dari kebanyakan orang, walau sebenarnya rokok tersebut adalah satu di antara penyebabnya pengentalan darah. Karna rokok mempunyai toksin yang bernama nikotin yang bisa menghalangi aliran darah serta buat darah menggumpal hingga terjadi pengentalan darah.

4. Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol

Mempunyai rutinitas konsumsi alkohol bisa mengakibatkan pengentalan darah pada badan karna seperti yang kita ketahui kalau alkohol bisa mengakibatkan dehidrasi hingga badan jadi kekurangan air serta bisa menyebabkan pengentalan darah itu.

5. Sering Stress

Mempunyai banyak fikiran atau stress bisa menyebabkan pengentalan darah karna bisa menyempitkan pembuluh darah hingga aliran darah jadi tidak lancar serta makin lama juga akan mengental.

 

  • Risiko Anda Terkena Penyakit Jantung Meningkat Jika Punya Darah Kental

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, darah kental meningkatkan risiko penyakit jantung koronerstroke, dan penyakit jantung lainnya. Dalam penelitian lainnya, diketahui bahwa kelompok orang yang memiliki darah yang kental memiliki peluang lebih besar untuk mengalami penyakit kardiovaskular.

Seberapa kental atau cair darah yang Anda miliki dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa hal yang memengaruhi kekentalan darah yaitu:

  • Sel darah merah. Sel darah merak berpengaruh langsung terhadap kekentalan darah. Semakin banyak darah merah, maka akan semakin kental darah Anda.
  • Kadar lemak darah. Semakin banyak lemak dalam darah Anda maka darah Anda semakin kental.
  • Peradangan kronis yang terjadi pada tubuh, akibat kebiasaan merokok, diabetes, atau penyakit kronis lain.

Anda tidak sendiri jika Anda tak mengerti seberapa kental darah Anda. Memang sampai saat ini belum ada alat atau pemeriksaan yang dapat melihat apakah darah kental atau tidak. Namun yang jelas, darah kental tidak baik untuk kesehatan Anda. Mengapa?

Darah yang kental berkaitan kelancaran aliran darah. semakin kental darah seseorang maka semakin lambat aliran darah yang bergerak. Hal ini tentu akan mengubah beberapa fungsi tubuh dan menimbulkan gangguan kesehatan, terutama jantung.

Ketika aliran darah yang lambat tersebut bergerak, risiko untuk terjadi pengendapan semakin besar. Pada akhirnya, banyak gumpalan-gumpalan yang terbentuk karena darah kental. Kondisi tersebut membuat darah tak teraliri dengan baik dan banyak jaringan tubuh yang mengalami kekurangan oksigen serta makanan.

Memperbanyak minum air putih digadang menjadi saran yang paling baik untuk mencegah darah kental, karena asupan cairan dapat berpengaruh terhadap sirkulasi darah Anda. Anda bisa mengonsumsi air putih setidaknya 2 liter per hari.Namun melakukan hal ini bukan jaminan darah Anda tak akan mengental, tapi memang kebiasaan ini akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

Sebenarnya tak perlu cara khusus untuk membuat aliran dan kekentalan darah Anda normal. Anda hanya perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan, melakukan olahraga rutin, istirahat yang cukup, serta menghindari rokok.

Meskipun memang belum diketahui secara pasti bagaimana mengetahui kadar kekentalan darah di dalam tubuh, namun bila Anda melakukan semua cara tersebut, maka Anda akan terhindar dari berbagai pemicu yang dapat menyebabkan Anda terserang penyakit jantung.