Klinik Kesehatan Kerja

Karyawan dan tenaga kerja merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu perusahaan serta proses produksi. Oleh karenanya, memiliki karyawan yang sehat dan selamat, baik saat bekerja maupun di luar waktu kerja menjadi bagian penting dari tercapainya proses dan output produksi yang baik dan maksimal.

Lokasi dan tempat bekerja, serta sikap dan kebiasaan saat melakukan pekerjaan menjadi hal yang penting dalam menciptakan kondisi di lingkungan kerja yang sehat dan selamat, oleh karenanya diperlukan penanganan yang tepat dari lokasi kerja, serta sikap dan kebiasaan dalam lingkungan kerja.

Terkait hal diatas, penting bagi setiap perusahaan untuk mengawalinya dengan mengetahui potensi bahaya (hazard) dari setiap area yang ada pada perusahaan. Beberapa resiko  bahaya (hazard) yang umumnya ada pada perusahaan adalah bahaya fisik (bising, panas, debu), bahaya kimia (paparan kimia berat seperti Pb, Hg, Cu, benzene, toluene, xylene), bahaya biologi dan mikroorganisme (bakteri, virus dan jamur) serta ergonomi dan psikologi (stress kerja dan burnout).

Pemahaman yang tepat akan potensi bahaya (hazard) dalam setiap area akan membantu perusahaan menciptakan penanganan dan implementasi yang sesuai dan berkesinambungan dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan selamat yang berpengaruh terhadap kesejahteraan fisik dan psikologis karyawan yang sangat mendukung produktivitas dan proses produksi.

Menjawab kebutuhan diatas, Klinik & Lab Citra Ardhita Medifarma hadir dengan layanan Klinik Kesehatan Kerja yang mengkhususkan diri dalam melayani perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan selamat. Berdiri sejak tahun 2003 dan tercatat sebagai Klinik Penyelenggara Jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK3) di tahun 2013 dan sertifikasi ISO 9001 : 2008 dari TUV di tahun 2014 menunjang kesiapan Klinik & Lab Citra Ardhita Medifarma dalam memberikan pelayanan terbaik dalam setiap layanannya. 

 

Layanan Klinik Kesehatan Kerja

*Assessment Resiko Bahaya (Hazard)

Kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui resiko bahaya dari setiap proses produksi yang ada pada perusahaan. Diawali dengan identifikasi profil perusahaan, identifikasi bahan baku yang digunakan, identifikasi proses produksi yang dilakukan, hasil produksi, dan limbah yang dihasilkan untuk mendapatkan hasil yang akurat terhadap setiap resiko kerja yang ada pada masing-masing bagian yang ada pada perusahaan.

* MCU (MCU Pra Karyawan, MCU Tahunan / Annual, MCU Pemeriksaan Khusus)

* Konsultasi Kesehatan & Keselamatan Kerja

Kegiatan konsultasi dengan Dokter MK3, membahas berbagai tema tentang kesehatan dan keselamatan kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mendiskusikan permasalahan dengan membuat berbagai alternatif solusi dan tahapan dalam penyelesaian masalah.

* In House Clinic

* Pelatihan P3K

Pelatihan penanganan kegawatdaruratan. Dilakukan dengan pemberian materi yang dilengkapi dengan peragaan dan kegiatan mencoba secara langsung (presentasi dan praktek), dengan instruktur berpengalaman dan peralatan terstandar, menjadikan suasana pelatihan menyenangkan namun tetap sesuai sasaran. Terdapat pilihan sertifikat bagi peserta yang telah mengikuti kegiatan, yaitu sertifikasi dari PJK3 Klinik & Lab Citra Ardhita Medifarma atau Sertifikasi Kemenakertrans

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>